Penanganan Sakit Bronkitis Pada Bayi Baru Lahir

Bronkitis pada bayi baru lahir. Apakah Anda sudah betul-betul mengetahui apa itu bronkitis? Meski sudah mengetahuinya, tidak ada salahnya bukan, untuk saya informasikan kembali di sini? Perlu Anda tahu, sebenarnya bronkitis merupakan jenis penyakit yang ternyata umum dialami oleh bayi bahkan pada bayi yang baru lahir sekalipun. Karena bayi baru lahir, sistem kekebalan tubuhnya belum optimal yang membuat bronkitis mudah menyerang saluran pernapasannya.

Seputar Bronkitis

bronkitis pada bayi baru lahir

Bronkitis adalah jenis penyakit pernapasan yang berbahaya sehingga menjadi salah satu penyakit penyebab kematian. Bronkitis terjadi karena adanya peradangan dan iritasi di saluran pernafasan paru-paru, lebih tepatnya bagian bronkus yang merupakan saluran udara terbesar di paru. Iritasi ini bisa menyebabkan dia batuk dan sulit bernafas.

Apabila bronkitis yang dialami bayi Anda hanya berlangsung selama 2 sampai 3 minggu, berarti kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus dan termasuk sebagai bronkitis akut. Tapi bisa juga disebabkan oleh infeksi bakteri. Pemaparan terhadap polusi udara atau asap rokok juga dapat meningkatkan risiko anak Anda terkena bronkitis akut.

Jenis virus yang menyerang bronkitis yaitu RSV (Respiratory Syncytial Virus) atau bisa juga dari virus influenza dan virus lainnya. Virus tersebut sangat rentan sekali menyerang anak dibawah usia 2 tahun. Penyebarannya yaitu melalui bersin atau batuk dari penderita yang terinfeksi. Apabila terdapat barang yang terkontaminasi virus ini, maka bayi Anda pun dapat dengan mudah terinfeksi, karena virus ini dapat berkembang selama berjam-jam pada suatu benda.

Bayi yang di tempatkan di ruangan yang terdapat paparan rokok dalam waktu lama, bisa beresiko terkena bronkitis apalagi jika bayi memiliki kondisi medis seperti asma atau alergi. Bayi yang prematur (lahir terlalu dini) juga memiliki risiko lebih tinggi terkena bronkitis.

Apa saja tanda dan gejala bronkitis ?

Tanda dan gejalanya bisa berupa :

  • Batuk kering atau batuk dengan lendir bening, kuning, atau hijau
  • tampak kesulitan saat bernapas (biasanya terus menghembuskan napas)
  • Sakit tenggorokan dan hidung berair atau tersumbat
  • demam terkadang menggigil
  • bibir dan kuku tampak kebiruan atau abu-abu
  • sulit untuk bangun / pingsan
  • Bibir atau kuku anak Anda berubah abu-abu atau biru.
  • bayi menangis tanpa air mata
  • kencing lebih sedikit dengan warna keruh atau lebih gelap

Penyedia layanan kesehatan anak, tentu akan menanyakan tanda dan gejala yang dialami bayi Anda. Katakan padanya tentang kondisi medis lain yang mungkin dimiliki bayi Anda. Penyedia layanan kesehatan anak juga akan memeriksa bayi Anda dan mendengarkan paru-parunya.

Pengobatan bronkitis

Obat-obatan kimia seperti ibuprofen, membantu mengurangi pembengkakan, nyeri, dan demam. Obat ini tersedia dengan atau tanpa perintah dokter. Namun NSAID dapat menyebabkan perdarahan lambung atau masalah ginjal pada orang-orang tertentu.

Jika anak Anda minum obat pengencer darah, tanyakan terlebih dahulu apak obat jenis NSAID aman untuknya. Selalu baca juga label obat dan ikuti petunjuk. Jangan berikan obat ini kepada anak di bawah usia 6 bulan tanpa arahan dari penyedia layanan kesehatan anak Anda.

Acetaminophen juga sebenarnya mampu mengurangi rasa sakit dan demam. Ini tersedia tanpa perintah dokter. Sayangnya, Acetaminophen memiliki efek samping yang dapat menyebabkan kerusakan hati jika tidak dilakukan dengan benar.

Inhaler memberi obat dalam bentuk kabut sehingga anak Anda bisa menghirupnya ke paru-parunya. Penyedia layanan kesehatan anak biasanya memberinya satu atau lebih inhaler untuk membantunya bernafas lebih mudah dan batuk lebih sedikit. Mintalah petugas kesehatan anak Anda untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakan inhaler dengan benar.

Perawatan Bronkitis

Berikan bayi Anda istirahat yang cukup untuk membantu tubuhnya menjadi lebih baik. Bersihkan lendir dari hidung. Gunakan semprotan untuk mengeluarkan lendir dari hidung bayi Anda.

Pastikan hidung bayi Anda sudah bersih sebelum ia makan atau tidur. Penyedia layanan kesehatan mungkin menyarankan agar Anda memasukkan sedikit garam ke hidung bayi Anda jika lendirnya sangat kental. Namun ini harus dilakukan dengan hati-hati.

Tanyakan pada penyedia layanan kesehatan, berapa banyak cairan yang harus diminum anak Anda setiap hari dan cairan mana yang terbaik untuknya. Cairan membantu menjaga agar saluran udara anak tetap lembab dan membuatnya lebih mudah untuk mengeluarkan lendir pada batuknya.

Hal yang perlu diperhatikan :

  1. pencegahan bronkitisJangan merokok atau membiarkan orang lain merokok di sekitar anak Anda. Nikotin dan bahan kimia lain dalam rokok dapat mengganggu jalan napas anak Anda dan menyebabkan kerusakan paru-paru dari waktu ke waktu.
  2. Jika Anda menyusui atau memberi makan formula anak Anda, lanjutkan melakukannya. Bayi Anda mungkin tidak ingin meminumnya secara teratur setiap kali menyusui. Beri dia ASI dengan jumlah yang lebih sedikit atau formula lebih sering jika dia minum lebih sedikit pada setiap makanannya.
  3. Gunakan humidifier udara dingin. Ini akan menambah kelembaban ke udara dan membantu anak Anda bernafas lebih mudah.
  4. Menjaga kebersihan dan kelembaban lingkungan untuk mecegah masuknya debu dan kotoran.
  5. Tepuk dada bayi secara pelan untuk memberikan kenyamanan dadanya.Untuk memberikan perlindungan ekstra pada bayi terutama jika Anda memberikannya ASI, rutinlah mencuci tangan, selalu mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang, hindari hal-hal yang berpengaruh buruk pada kesehatan bayi Anda seperti debu, rokok atau jenis polusi lainnya.

Anda memiliki hak untuk membantu merencanakan perawatan anak Anda. Pelajari tentang kondisi kesehatan anak Anda dan bagaimana hal itu dapat diobati dengan baik. Diskusikan pilihan pengobatan dengan pengasuh anak Anda untuk memutuskan perawatan apa yang Anda inginkan.

Hal ini tidak dimaksudkan sebagai saran medis untuk kondisi atau perawatan individual. Sering-seringlah mencari tahu informasi seputar penanganan bronkitis yang baik dan benar, agar anak Anda bisa segera pulih seperti semula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *