Macam-macam Pantangan Makanan Patah Tulang Kaki

Pantangan Makanan Patah Tulang Kaki penting sekali untuk anda ketahui, untuk mencegah lambatnya proses penyembuhan sehingga Anda bisa menghindarinya dan bisa sembuh lebih cepat.

pantangan makanan

Pantangan Makanan Patah Tulang

Setiap penyakit memiliki pantangannya masing-masing. Tubuh menyerap banyak nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Dan makanan tersebut berpengaruh besar terhadap proses cepat atau lambatnya penyembuhan penyakit.

Berikut ini adalah daftar makanan yang dicurigai menjadi pantangan bagi penderita patah tulang.

  • Makanan Sodium Tinggi

Semakin banyak Anda mengkonsumsi makanan asin, maka kalsium yang ada dalam tubuh akan semakin berkurang.

Berdasarkan salah satu penelitian, sering mengkonsumsi makanan asin lebih rentan terkena osteoporosis, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan penipisan tulang.

  • Kafein

Kafein merupakan senyawa yang dapat menahan rasa kantuk yang mungkin bisa membantu Anda tetap terjaga. Namun tahukah Anda bahwa kafein juga memiliki efek buruk bagi tubuh?

Kafein dapat membuang senyawa kalsium yang ada dalam tubuh, apalagi jika ditambahkan dengan makanan yang mengandung gula.

  • Alkohol

Alkohol merupakan salah satu jenis minuman yang memberikan efek buruk bagi tubuh.

Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat berkontribusi pada massa tulang yang rendah, penurunan pembentukan tulang dan peningkatan fraktur.

Selain itu, alkohol juga dapat memperlambat penyembuhan patah tulang. Wanita sehat, usia 19 sampai 30, yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah tinggi memiliki nilai kepadatan tulang yang lebih rendah daripada mereka yang tidak mengkonsumsi alkohol.

Untuk kesehatan tulang yang optimal, konsumsi alkohol secukupnya. Anda bisa konsumsi alkohol hingga tidak lebih dari 2 sampai 3 gelas sehari.

  • Kacang

pantangan makanan patah tulang kaki

Kacang dapat mencegah tubuh Anda dalam menyerap kalsium. Jenis kacang polong mengandung zat tinggi yang disebut phytate.

Phytate ini bisa mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium yang juga ditemukan dalam kacang.

Namun, kandungan lain yang ada dalam kacang juga membuatnya lebih baik untuk pencegahan patah tulang (dan kesehatan Anda secara keseluruhan). Kandungan tersebut adalah magnesium, serat, dan nutrisi lainnya.

Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara merendam kacang dalam air selama beberapa jam sebelum kemudian memasaknya di air tawar.

  • Makanan manis

Penting untuk mengingatkan Anda agar tidak berlebihan mengkonsumsi gula, terutama jika Anda sering mengalami sakit gigi.

Meskipun tidak ada hubungan yang terbukti antara gula dan efek negatifnya pada tulang, bahaya pada tulang dapat terjadi saat orang mengkonsumsi terlalu banyak gula terutama ketika tubuh sedang kekurangan nutrisi.

Buah sejenis cranberry atau yang kaya akan antioksidan, mengandung nutrisi sehat yang mendukung kesehatan tulang.

  • Soda

Jika Anda minum banyak soda, itu bisa berdampak negatif pada kesehatan tulang Anda, karena kandungan yang ada di dalam soda dapat mempermudah proses pengeroposan tulang.

Untuk itu, selama masa pemulihan tulang Anda yang patah, Anda bisa mengurangi jumlah gelas soda untuk agar kepadatan tulang tetap terjaga dengan baik.

Wanita yang sudah memasuki masa menopause yang senang dengan minuman beroda, ternyata memiliki resiko tinggi terkena patah tulang tinggi di bagian pinggul.

Hal tersebut membuktikan bahwa memang minuman yang bersoda dapat memudahkan proses pengelupasan tulang dan resiko tulang patah.

  • Makanan Pemicu Inflamasi

Beberapa sayuran seperti tomat, jamur, paprika, kentang putih, dan terong, bisa menyebabkan radang tulang, pemicu osteoporosis.

Namun, sayuran ini mengandung vitamin dan mineral lain yang baik untuk kesehatan Anda, selama Anda memastikan untuk mendapatkan cukup kalsium sekitar 1.000 sampai 1.200 miligram per hari.

Secara keseluruhan, orang yang makan makanan yang dikemas dengan produk memiliki tulang yang lebih baik dan fraktur yang lebih sedikit, dan itu hampir mencakup semua buah dan sayuran.

  • Kacang hijau mentah

Kacang hijau mentah mengandung kalsium yang sehat dari tulang, tapi juga mengandung zat yang disebut oksalat, yang dapat mengikat kalsium itu dan membuatnya tidak tersedia di tubuh.

Untuk menikmati manfaat kesehatan lainnya dari sayuran ini (dan membantu mencegah kerusakan tulang pada saat yang bersamaan), bisa diseimbangkan dengan makanan yang mengandung kalsium yang mudah diserap tubuh, seperti keju.

  • Daging merah

Mengkonsumsi terlalu banyak protein hewani juga bisa mengeluarkan kalsium dari tulang Anda.

Jika Anda menderita osteoporosis, Anda harus membatasi daging merah sampai dua kali seminggu dan tetap pada porsi kecil yaitu 4 sampai 6 ons.

Hasil penelitian telah menunujukkan bahwa mengurangi konsumsi daging merah dan daging olahan serta minuman ringan, gorengan, permen juga biji-bijian olahan semuanya berdampak positif pada kesehatan tulang.

  • Telur

Telur merupakan jenis makanan yang sangat baik untuk memberikan nutrisi tubuh.

Namun tahukah Anda, jika telur diberikan pada penderita patah tulang, maka bisa menimbulkan ruam dan rasa gatal pada kulit di sekitar kaki yang patah.

  • Ikan laut

merkuri

Pada dasarnya kita mengetahui bahwa ikan memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Namun ada beberapa jenis ikan yang berbahaya.

Selain banyak yang menimbulkan reaksi alergi, beberapa ikan di laut ada yang mengandung merkuri seperti ikan tuna, belut, dan kaviar yang justru akan memperlambat proses penyembuhan patah tulang.

Itulah beberapa makanan yang bisa menjadi pantangan untuk pemulihan patah tulang yang harus disesuaikan porsinya dan beberapa makanan yang lainnya yang lebih baik untuk tidak dikonsumsi sama sekali.

Perawatan Patah Tulang

Apa diet terbaik untuk pencegahan patah tulang? Fokuslah pada banyak buah dan sayuran, susu rendah lemak, ikan dan unggas, kacang-kacangan dengan cara memasak yang sudah kami jelaskan di atas.

Biasanya sumsum tulang hewan dianjurkan karena mampu mempercepat penempelan tulang patah.

Contohnya sumsum sapi, sumsum sapi memiliki kandungan fosfor, zat besi, kalsium, dan protein yang seimbang yang mampu memberikan cukup nutrisi untuk patah tulang.

Yogurt juga merupakan jenis susu hasil permentasi yang mengandung vitamin D dan tentunya baik untuk tulang.

Satu cangkir yogurt yang bebas lemak ternyata bisa membantu Anda memenuhi nutrisi harian tubuh yang dibutuhkan untuk tulang.

Dan untuk pemilihan jenis susu, pilih susu yang bebas lemak. Anda bisa mengkonsumsi 8 ons setiap harinya.

Selain kalsium yang dibutuhkan selama masa pemulihan, vitamin D juga dibutuhkan. Viamin D memiliki manfaat dalam penyerapan kalsium yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan perawatan yang baik dengan tidak mengkonsumsi jenis makanan yang menjadi pantangan patah tulang, maka penempelan tulang berangsur optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *