Pantangan Penderita Usus Buntu Paling Lengkap !

Pantangan penderita usus buntu. Tidak berupa makanan saja, namun kebiasaan buruk atau hal lainnya juga perlu Anda hindari untuk mencegah kondisi usus buntu yang lebih parah. Di zaman yang serba canggih ini, banyak sekali produk olahan makanan yang mengandung zat berbahaya dan tentu saja ini akan berpengaruh buruk pada kesehatan karena akan menjadi sumber penyakit. Untuk itulah, Anda disarankan agar pandai memilih makanan atau minuman yang layak untuk Anda konsumsi.

pantangan penderita usus buntu

Dan berikut ini ada beberapa jenis makanan yang harus Anda hindari sebagai pantangan selama Anda masih dalam masa pemulihan.

  • Makanan berminyak dapat menghasilkan timbunan sisa makanan dalam perut sehingga perut akan terlihat tampak buncit dan tentu saja ini tidak baik untuk penderita usus buntu.
  • Makanan pedas dapat melukai usus, jika usus sedang mengalami peradangan maka makanan pedas yang masuk akan terus memperparah kondisi usus yang sedang mengalami peradangan.
  • Minuman dingin ternyata juga harus dihindari karena saat usus mengalami peradangan, suhu di dalamnya sedang panas. Jika Anda mengkonsumsi minuman dingin maka akan merusak keseimbangan suhu yang ada dalam usus dan memicu komplikasi. Tidak hanya minuman, makanan dingin pun juga perlu Anda hindari.
  • Kafein yang ada dalam kopi, dapat membangkitkan kelenjar limfoid yang ada dalam usus buntu sehingga usus buntu akan bekerja lebih keras. Dan pada kondisi radang usus buntu, usus sedang lemah dan rusak, usus tidak akan mampu untuk bekerja lebih keras.
  • Buah semangka dan nanas memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat tinggi bisa mempercepat laju sisa makanan dan mendesak di usus. Meski kedua jenis buah ini baik untuk mencegah radang usus buntu, namun akan memperparah kondisi usus buntu yang sedang dalam masa pemulihan dan memperlambat proses penyembuhan.
  • Alkohol merupakan jenis minuman yang lebih banyak menimbulkan efek buruk bagi tubuh, minuman ini hampir menjadi pantangan di semua penyakit.
  • Pengawet makanan bisa membuat kerusakan pada tubuh karena memang makanan dengan pengawet termasuk ke dalam jenis makanan yang berbahaya.
  • Penggunaan garam yang terlalu banyak bisa mengiritasi usus dan memperparah kondisi radang usus buntu sehingga masuk dalam daftar Pantangan penderita usus buntu.

Sekilas Seputar Usus Buntu

radang usus buntu karena sumbatan

Sesuai dengan namanya, usus buntu merupakan usus yang ujung salurannya buntu, namun bagian ini terhubung dengan usus besar. Mulanya usus buntu tidak memiliki fungsi apapun di dalam tubuh, namun ternyata dinding usus buntu juga termasuk ke dalam bagian imun tubuh yang dapat menghasilkan antibodi.

Apabila didalamnya terdapat gangguan seperti peradangan, maka sistem imun tubuhpun akan ikut terganggu dan tidak akan mampu melawan penyakit secara maksimal.

Radang usus buntu merupakan kondisi peradangan yang cukup sulit untuk bisa diobati dengan tuntas. Dunia medis mengenal kondisi ini dengan istilah apendictis.

Awal terjadinya peradangan bisa terjadi karena cairan limfa dan darah tidak mengalir sempurna yang menimbulkan tekanan sehingga usus buntu mengalami pembusukan dan kerusakan. Selain itu juga, ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab radang usus buntu, yaitu :

  • penyumbatan di saluran usus
  • pembesaran di jaringan limfoid
  • penyakit cacing/parasit
  • kanker primer dan striktur

Penyebab peradangan ternyata juga bisa terjadi apabila terjadi penyumbatan di muara usus buntu oleh sesuatu yang memiliki pengaruh besar dalam terjadinya sumbatan, seperti biji jambu batu atau kotoran yang mengering dalam usus.

Jika sumbatan terus terjadi, maka lendir usus buntu tidak dapat tersalurkan ke bagian usus besar yang memicu peradangan dan infeksi serius.

Anjuran Makanan Untuk Penderita Radang Usus Buntu

Beberapa makanan ini diperbolehkan untuk dikonsumsi penderita radang usus buntu.

  1. Anjuran Makanan Untuk Penderita Radang Usus BuntuSayuran hijau seperti bunga kol dan brokoli yang mengandung seray yang baik untuk sistem pencernaan yang tak lain, baik untuk usus sehingga aman apabila Anda konsumsi.
  2. Tempe merupakan makanan hasil fermentasi kedelai yang mengandung serat dan protein tinggi yang bersifat sebagai prebiotik rendah lemak yang juga mengandung bakteri baik.
  3. Apel adalah buah yang mengandung protein, kalsium, zat besi, vitamin C, air, kalori dan vitamin lainnya yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita radang usus buntu.
  4. Tomat mengandung vitamin C yang dapat menjaga kestabilan sistem imun tubuh dan juga mampu mempercepat pembakaran lemak.
  5. Mentimun dan bit merah dapat meredakan peradangan dan mengandung banyak antioksidan. Keduanya bermanfaat dalam pembersihan usus yang tersumbat karena adanya kotoran.
  6. Perasan jeruk limau yang Anda campurkan ke dalam teh dapat memaksimalkan kandungan catechin dan baik untuk pemulihan usus buntu yang meradang.
  7. Lobak sudah dari lama dijadikan sebagai pengobatan masalah pada usus buntu bahkan ganguan ginjal karena memiliki kandungan yang baik untuk mengatasi peradangan.
  8. Teh hijau mengandung senyawa flavonoid yang sangat bermanfaat dalam membantu penyembuhan bagian tubuh yang sedang mengalami peradangan.

Delapan jenis makanan tersebut merupakan jenis makanan yang cukup baik dikonsumsi oleh penderita usus buntu tanpa khawatir ususnya terganggu.

Anjuran Makanan Pasca Operasi Usus Buntu

Bagi Anda yang sudah melakukan operasi usus buntu, Anda juga tetap harus memperhatikan asupan makanan apa saja yang dibolehkan dan dilarang selama dalam proses pemulihan.

  1. Makanan bertekstur lunak adalah jenis makanan yang sangat dianjurkan bagi pasien yang sudah melakukan operasi usus buntu.
  2. Yogurt juga cukup baik untuk dikonsumsi Anda pasca operasi, karena yogurt dapat mempercepat proses pemulihan usus buntu karena mengandung protein tinggi.
  3. Apa Anda senang dengan labu? Labu mengandung senyawa alami untuk membantu mempercepat penyembuhan usus buntu secara maksimal.
  4. Wortel mengandung beta karoten yang dapat mengaktifkan kelenjar thymus dengan manfaatnya dalam memperkuat sistem kekebalan untuk melawan virus dan sel-sel jahat yang menyerang tubuh.

Pantangan penderita usus buntu yang sudah diinformasikan diatas, harus Anda hindari. Untuk lebih mengoptimalkan penyembuhan, disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat seperti berolahraga ringan secara rutin dan teratur, mencukupi kebutuhan istirahat, banyak minur air putih minimal 7 gelas, mengkonsumsi makanan berprotein tinggi seperti daging sapi, ikan, ayam dan telur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *